Syarat dan Ketentuan Tanijoy

Halaman ini berisi tentang Syarat dan Ketentuan yang berlaku di Tanijoy. Syarat dan Ketentuan ini merupakan suatu bentuk aturan yang berlaku kepada semua pengguna Tanijoy, dan kepada setiap orang yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada kami. Anda kami persilahkan untuk membatalkan pendaftaran (jika Anda telah menjadi pengguna) apabila tidak setuju dan tidak ingin masuk ke dalam Syarat dan Ketentuan. Oleh karena itu mohon untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan ini sebelum mengakses produk dan layanan kami lebih lanjut.

Definisi
  1. Tanijoy, kami, berarti PT Tanijoy Agriteknologi Nusantara yang bertindak sebagai penyedia produk dan layanan.
  2. User, pengguna, Anda, berarti individu atau institusi yang mendaftar dan terdaftar di platform Tanijoy baik aplikasi maupun website.
  3. Pihak ketiga, pihak lain yang tidak ikut serta dalam kesepakatan antara Tanijoy dan pengguna.
  4. Produk, suatu barang atau jasa yang kami berikan kepada anda sebagai pengguna. Produk Tanijoy saat ini berbentuk situs portal dan aplikasi.
  5. Layanan, aktivitas yang kami lakukan untuk memberikan kepuasan pengguna atau konsumen.
  6. Akad, perjanjian atau kontrak antara dua pihak yang menjalin hubungan kerjasama.
  7. Saldo, jumlah dana yang dimiliki oleh user Tanijoy di platform investasi baik aplikasi maupun website. Saldo juga bisa disebut sebagai selisih antara uang masuk dan keluar yang tertera di platform investasi.
  8. Rekening Escrow Account, meliputi virtual account atas nama masing-masing pengguna sebagai investor yang disediakan oleh bank yang bekerjasama dengan Tanijoy, dimana pengguna diwajibkan untuk melakukan pengisian dana (top-up saldo).
  9. Virtual account atau akun virtual, nomor identifikasi user yang dibuka oleh Bank atas permintaan Tanijoy yang selanjutnya oleh Tanijoy diberikan kepada user (perorangan dan institusi) sebagai nomor rekening tujuan pengisian saldo.
  10. Biaya transfer,biaya yang dibebankan kepada user baik untuk pengisian maupun penarikan saldo.
  11. Card, kumpulan proyek yang dijalankan oleh Mitra Tani Tanijoy. Di dalam Card biasanya berisi informasi nama dan lokasi proyek usaha tani.
  12. Proyek, usaha tani yang dipertanggungjawabkan oleh Mitra Tani Tanijoy per luasan lahan tertentu. Satu proyek berarti satu usaha tani yang dikerjakan oleh satu orang Mitra Tani.
  13. Dashboard, laman yang terdapat di dalam website/aplikasi berfungsi mengatur aktivitas dan menyediakan informasi perkembangan investasi dari setiap pengguna.
  14. Data, setiap informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang Anda sampaikan ke kami dalam waktu ke waktu melalui produk Tanijoy.
Perubahan Syarat dan Ketentuan

Kami mungkin akan melakukan perubahan atas syarat dan ketentuan. Di dalam tabel ini akan ditunjukkan bagaimana cara kami memberitahu Anda:

  1. PerubahanBatas minimal pemberitahuanTata cara pemberitahuan
    Segala Perubahan dalam syarat dan ketentuan terkait:
    • Skema proyek investasi
    • transaksi yang melibatkan escrow account
    1 x 24 jamEmail pemberitahuan secara langsung, iklan, atau media lainnya.
    Perubahan peraturan perpajakan atau kebijakan pemerintah lainnya.1 x 24 jamTidak ada notifikasi yang kami berikan apabila pemerintah telah mengumumkan informasi terkait kepada publik.
Produk dan Layanan

Tanijoy dapat diakses melalui website dan aplikasi dengan fokus produk dan layanan sebagai berikut:

  1. Memberikan akses permodalan bagi Petani atau Mitra Tani untuk menjalankan proyek usaha tani
  2. Sarana bagi masyarakat yang ingin berinvestasi pada sektor pertanian
  3. Menyalurkan modal yang ditanamkan oleh investor kepada Mitra Tani
  4. Menyeleksi, menganalisa, dan menyetujui proposal pendanaan dari calon Mitra Tani yang hendak bergabung agar investor dapat mengetahui secara jelas bagaimana prospektus dan risiko dari usaha tani yang dijalankan
  5. Menyeleksi dan melakukan verifikasi identitas pengguna yang hendak bergabung sebagai calon investor sesuai ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia
  6. Menyediakan escrow account dan virtual account untuk menjembatani penyaluran dana dari investor kepada Mitra Tani sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi
  7. Menjadi wakil dalam menyediakan akad atau kontrak investasi antara investor dan Mitra Tani.

Di dalam produk dan layanan tersebut, kami menegaskan bahwa:

  1. Tanijoy tidak memberikan pernyataan, jaminan, garansi, dan perjanjian bahwa setiap dana yang Anda investasikan akan dikembalikan sepenuhnya atau sebagian
  2. Sebagai penyedia layanan peer-to-peer lending, Tanijoy diatur dan diawasi oleh pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Peraturan OJK (POJK) nomor 77 tahun 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi;
  3. Semua informasi yang kami berikan dalam platform ini hanya dimaksudkan untuk memberikan informasi dan tidak dianggap sebagai sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran atau rekomendasi untuk membeli atau menjual pendanaan, sekuritas atau produk pasar modal atau jasa keuangan lainnya;
  4. Bila di kemudian hari Tanijoy menemukan indikasi, dan/atau Investor menyatakan bahwa dana yang diinvestasikan tersangkut dan/atau termasuk unsur pidana, seperti tindak pidana cuci uang, maka hal ini berada di luar tanggung jawab kami, PT Tanijoy Agriteknologi Nusantara. Investor bertanggung jawab untuk menyelesaikan sendiri kasusnya dengan Pihak yang Berwajib.
Akun Pengguna

Setiap calon investor harus membuat akun pengguna melalui website tanijoy.id dan/ atau aplikasi Tanijoy. Ketika Anda membuat akun, Anda harus memberikan informasi yang akurat, lengkap, dan wajib memperbaharui setiap saat jika terdapat perubahan data. Pada proses ini Tanijoy berhak untuk menyeleksi pengguna sesuai persyaratan yang berlaku. Apabila pengguna memenuhi persyaratan maka kami akan melakukan verifikasi akun/ profil yang bersangkutan agar bisa melakukan investasi di Tanijoy.

Kegagalan untuk melengkapi informasi merupakan pelanggaran dari Persyaratan yang dapat mengakibatkan penghentian segera akun Anda pada Layanan kami. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kata sandi atau password yang Anda gunakan untuk mengakses Layanan kami, dan untuk setiap kegiatan atau tindakan yang Anda lakukan kepada pihak ketiga. Anda setuju untuk tidak mengungkapkan kata sandi Anda kepada pihak ketiga. Anda harus segera memberitahu kami setelah menyadari terdapat pelanggaran keamanan atau penggunaan yang tidak sah dari akun Anda.

Escrow Account
Pengisian Saldo

Setiap pengguna platform Tanijoy akan mendapatkan layanan rekening escrow account. Keberadaan layanan ini mengharuskan setiap calon investor untuk melakukan pengisian (top-up) saldo sebelum melakukan transaksi. Pengisian (top-up) dapat dilakukan melalui kanal yang kami sediakan.

Saat ini kanal yang tersedia adalah transfer bank melalui virtual account Bank Nasional Indonesia (BNI) dan BNI Syariah. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu oleh pihak ketiga terkait. Perlu Anda ketahui bahwa pengisian (top-up) saldo yang dilakukan melalui pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan atau jaringan dari waktu ke waktu. Walaupun demikian kami berkomitmen untuk turut menjaga tingkat layanan pihak ketiga yang bekerjasama dengan kami.

Apabila Anda menggunakan fitur direct debit dan atau auto top-updari sumber dana Anda yang terdapat di pihak ketiga, maka Anda memahami bahwa itu adalah kesepakatan Anda dengan pihak ketiga. Segala keluhan terkait fitur dan autentifikasi instruksi di sistem tersebut di luar tanggung jawab Tanijoy.

Penarikan Saldo

Penarikan (withdraw) hanya dapat dilakukan maksimal senilai saldo yang tertera di platform investasi baik aplikasi maupun website. Proses penarikan (withdraw) akan dikenakan biaya transfer dari Bank tujuan penarikan selaku pihak ketiga terkait. Jika terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian data Bank berkaitan dengan nama Bank dan nomor rekening tujuan yang dimasukkan oleh pengguna, maka pengguna dapat dikenakan biaya tambahan penarikan (withdraw) sebesar Rp 5.000 diluar dari biaya transfer (Rp 5.000). Kami dapat menetapkan nilai minimal penarikan (withdraw) saldo saat user hendak melakukan transaksi. Sebagai penyelenggara, kami berkewajiban untuk menginformasikan nilai minimal penarikan (withdraw) saldo dari waktu ke waktu.

Biaya dan Batas Transaksi

Jumlah pengisian (top-up) pertama saldo dibatasi senilai minimal nominal per paket/slot proyek yang tertera di di platform investasi Tanijoy. Selanjutnya user berhak melakukan transaksi pengisian (top-up) sesuai nominal yang dikehendaki. Setiap transaksi pengisian (top-up) dari rekening user yang ditujukan ke rekening virtual account Tanijoy tidak dikenakan biaya transfer apabila dilakukan sesama Bank. Transfer pengisian (top-up) antar Bank yang berbeda akan dikenakan biaya transfer sesuai ketentuan pihak ketiga. Rekening virtual account yang menjadi tujuan transfer pengisian (top-up) saldo yang terdaftar di platform investasi Tanijoy saat ini adalah sebagai berikut:

  1. BankKodeKeterangan
    BNI/BNI Syariah
    • Kode virtual account BNI terdiri dari 16 digit.
    • 3 digit awal adalah kode BNI
    • 5 digit selanjutnya adalah kode PT Tanijoy Agriteknologi Nusantara
    • 8 digit selanjutnya adalah kode unik untuk user
    User institusi memiliki hak istimewa untuk mendapatkan kode khusus tersendiri.

Setiap uang masuk yang disetor sebagai saldo oleh user akan masuk di rekening Tanijoy. Saldo yang dibelanjakan oleh user untuk berbelanja paket investasi selanjutnya akan digunakan untuk membiayai proyek yang tertera di platform investasi Tanijoy. User akan mendapatkan notifikasi saldo yang tersisa dari nilai pembelanjaan di website, aplikasi, dan email terdaftar.

Setiap penarikan (withdraw) saldo investasi, user akan dikenakan biaya transfer dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jenis TransaksiBiaya Transfer
    Pengisian (top-up)tanpa biaya
    Penarikan (withdraw)Rp 5.000,00 per transaksi

Pengisian (top-up) dan penarikan (withdraw) saldo dapat dilakukan kapan saja tanpa ada batasan waktu operasional. Proses pencairan dana atas penarikan (withdraw) saldo dilakukan maksimal 3x24 jam pada hari kerja atau ditentukan lain oleh Bank selaku pihak ketiga.

Dimulainya Proyek Investasi

Setiap modal yang ditanamkan ke suatu usaha tani oleh seorang investor tidak akan langsung dijalankan. Kami membutuhkan waktu kampanye proyek setidaknya 14 hari kerja dari dirilisnya sebuah card dan dapat diperpanjang 7 hari kerja apabila masih belum memenuhi syarat dimulainya proyek. Satu proyek menjadi tanggung jawab satu Mitra Tani dan untuk menjalankannya dibutuhkan beberapa slot investasi tergantung dari luasan lahan yang dikelola.

Persyaratan untuk menjalankan suatu card setidaknya harus memenuhi salah satu dari kriteria di bawah ini:

  1. Card sepenuhnya terdanai Apabila semua slot terdanai dalam suatu card maka Mitra Tani bisa langsung memulai proyeknya. Dana yang sudah Anda investasikan ini tidak dapat ditarik kembali ke rekening escrow account hingga periode investasi berakhir. Simulasinya dapat Anda pelajari di gambar berikut:
  2. Card tidak sepenuhnya terdanai Apabila ada proyek yang tidak sepenuhnya terdanai maka Mitra Tani tidak bisa menjalankan usahanya. Apabila hal ini terjadi maka kami akan mengembalikan modal tersebut ke rekening escrow accountAnda. Simulasinya dapat Anda pelajari di gambar berikut:
Pelaporan Aktivitas Proyek

Setiap investor memiliki hak untuk mendapatkan informasi seputar aktivitas proyek usaha tani yang dijalankan oleh Mitra Tani. Tanijoy akan memberikan laporan aktivitas secara aktual berdasarkan kegiatan di lapangan. Aktivitas ini akan dilaporkan secara langsung oleh Mitra Tani yang dapat diakses melalui dashboard investor. dan/atau dengan mengakses website Tanijoy.

Pembagian Keuntungan

Keuntungan adalah hasil dari penjualan komoditas pertanian dikurangi biaya untuk budidaya pertanian selama periode investasi. Pembagian keuntungan dilakukan setiap masa panen berdasarkan prospektus. Pembagian keuntungan secara khusus dapat disepakati terpisah berdasarkan kasus per kasus.

Tanijoy akan memberikan hasil keuntungan paling lambat dalam waktu 7 hari kerja setelah dilakukannya masa panen. Jika dalam satu periode aktivitas budidaya mengalami kerugian dikarenakan suatu kejadian atau keadaan yang memaksa (force majeure) yang meliputi peristiwa-peristiwa di luar kekuasaan manusia, kebakaran, ledakan atau bencana lain, angin topan, perang, pemogokan atau gangguan buruh lain, kerusakan atau maka investor tidak dapat menuntut hasil kepada pengelola.

Pajak dan Biaya Lainnya

Pajak dan biaya-biaya lainnya yang timbul sehubungan dengan Layanan dan Laman akan menjadi beban dan tanggung jawab masing-masing pihak sesuai peraturan yang berlaku.

Kontrak dan Tanda Tangan Elektronik

Akad atau kontrak di antara para pihak dapat dilakukan dengan dokumen fisik dan/atau elektronik. Kontrak Elektronik adalah perjanjian para pihak yang dibuat melalui Sistem Elektronik berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Apabila diperlukan, maka penandatanganan perjanjian beserta dokumen turunannya dapat dilakukan melalui tanda tangan elektronik yang memiliki keabsahan, kekuatan hukum dan akibat hukum yang sama dengan tanda tangan fisik di antara para pihak.

Risiko Investasi

investasi di sektor pertanian termasuk investasi riil dimana bisa mendapatkan keuntungan jika usaha tani berjalan sesuai dengan yang diperkirakan. Dengan mengaplikasikan skema bagi hasil investor berpeluang mendapatkan untung yang lebih dari ekspektasi awal namun juga bisa lebih kecil hingga tidak sama sekali. Oleh karena itu, investor kami anjurkan untuk melakukan diversifikasi investasi ke beragam card proyek yang kami tampilkan sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan probabilitas keuntungan.

Penolakan Transaksi

Kami dapat menolak transaksi yang anda lakukan apabila terdapat indikasi pelanggaran terhadap sebagian atau seluruh syarat dan ketentuan ini dan atau pelanggaran atas hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Kebijakan Privasi

Seluruh data personal Anda dijaga berdasarkan kebijakan privasi yang berlaku di Tanijoy. Kebijakan privasi ini kami anggap sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini. Persetujuan Anda atas syarat dan ketentuan saldo investasi berarti juga sebagai persetujuan atas kebijakan privasi kami.

Pembatasan usia

Layanan kami dapat digunakan oleh setiap pengguna berusia 18 tahun ke atas. Pengguna di bawah 18 tahun masih bisa menggunakan layanan kami hanya di bawah pengawasan dari orang tua atau wali. Jika Anda adalah orang tua atau wali dan menyadari bahwa anak Anda yang berada di bawah 18 tahun telah memberikan Informasi Pribadi kepada kami tanpa persetujuan Anda, silahkan hubungi kami.

Lisensi

Hak cipta, paten, merek dagang, desain dan semua hak atas kekayaan intelektual pada Situs Web, Layanan dan Konten, termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta dalam gabungan dari semua Konten adalah milik dan tetap merupakan hak kami. Gambar grafis, logo, desain, header halaman, ikon, tulisan dan nama layanan milik Tanijoy (secara kolektif disebut “Merek”) yang ditampilkan pada laman ini adalah aset dari Tanijoy dan semua Merek yang secara tegas dilindungi oleh Tanijoy atau pihak ketiga yang relevan.

Akses Anda pada dan atau penggunaan laman, Konten dan Layanan tidak dapat dianggap sebagai pemberian. Anda tidak diizinkan untuk menggunakan Merek apapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari kami. Kami secara agresif menggunakan hak kekayaan intelektual kami sepanjang sepenuhnya diizinkan oleh hukum. Nama Tanijoy dan Merek lain tidak dapat digunakan dengan cara apapun, termasuk dalam setiap iklan atau publisitas, atau sebagai hyperlink tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari kami. Nama domain di mana laman berada adalah mutlak milik kami dan Anda tidak dapat menggunakan atau mengadopsi nama serupa untuk penggunaan Anda sendiri.

Penangguhan

Kami dapat mengakhiri atau menangguhkan akses ke Layanan kami segera, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, untuk alasan apapun, jika Anda melanggar Persyaratan. Semua Persyaratan yang pada dasarnya dapat bertahan dari penangguhan, akan tetap berlaku tanpa batasan, seperti ketentuan kepemilikan, persyaratan garansi, ganti rugi dan batasan tanggung jawab. Setelah penangguhan, hak Anda untuk menggunakan Layanan akan segera dihentikan. Jika Anda ingin menangguhkan akun Anda, Anda harus menghubungi kami untuk dapat menghentikan penggunaan Layanan.

Tindakan Merugikan

Segala bentuk percobaan atau tindakan yang secara sengaja maupun tidak sengaja dilakukan untuk merugikan Tanijoy atau pengguna lain merupakan sebuah pelanggaran. Kami dapat menangguhkan akun atau membawa pengguna kepada pihak yang berwenang.

Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini termasuk semua hal yang berhubungan dengan akses Anda ke, atau penggunaan, produk dan Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesia tanpa mempengaruhi setiap prinsip hukum internasional. Mengakses dan/ atau menggunakan produk dan layanan kami berarti persetujuan untuk tunduk kepada yurisdiksi non-eksklusif dari pengadilan Indonesia.

Hubungi Kami

Kunjungi halaman FAQ untuk informasi lebih lanjut atau hubungi kami melalui:

  1. Live Chat di website tanijoy.id
  2. Telepon ke 021-29772945
  3. Email ke hi@tanijoy.id, atau ke CS kami tania.cs@tanijoy.id atau joe.cs@tanijoy.id